Sujatin, Penggagas Kongres Perempuan Indonesia

PEREMPUAN PELITA

EDISI 26 Desember 2013

Image

Salam setara sahabat marsinah, jumpa lagi bersama saya, Memey dalam rubrik kesayangan anda, rubrik Perempuan Pelita yang hadir menemani anda tiap kamis jam 7  sampai jam 8 malam. Sebelumnya, saya, Dias, mengucapkan selamat hari Ibu dan hari raya Natal. Tak terasa, kita sudah sampai pada penghujung tahun 2013. Semoga damai dan semangat perubahan menyertai sabahat marsinah semuanya.

Hari Ibu, jatuh pada 22 Desember. Ia bukan hari biasa, ia adalah hari bersejarah dimana seribu perempuan berkumpul di Jogjakarta untuk membicarakan gagasan kemerdekaan perempuan dan bangsa. Hari ibu adalah hari kebangkitan perempuan Indonesia. Ia adalah hari istimewa tempat berkumpulnya perempuan-perempuan berani dan cerdas yang ingin kemerdekaan dan kesetaraan perempuan serta bangsanya.

Salah satu perempuan tangguh penggagas Kongres Perempuan Indonesia itu akan hadir di tengah kita. Semangatnya, gairahnya akan perubahan akan menghentak kita semua malam ini. Kisah tentangnya akan kita perdengarkan setelah satu tembang asik berikut ini, masih bersama saya Dias. (lagu dan iklan)

Memperjuangkan hak – hak perempuan sudah menjadi makanan sehari-hari gadis ini sejak dari belia. Ia dikenal dengan nama Sujatin Kartowijono. Gagasannya tentang pembebasan perempuan diperolehnya dari membaca sebuah buku. Buku itu berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Sebuah buku yang memuat tulisan-tulisan Kartini. Tulisan Kartini menggerakkannya untuk turut serta mendirikan sebuah organisasi perempuan yang bernama PERWARI (PERSATUAN WANITA REPUBLIK INDONESIA) Sujatin aktif di organisasi hingga usia senja.

Kala itu, usia Sujatin masih belia, yaitu 15 tahun, saat ia bergabung dengan Jong Java, sebuah organisasi pemuda jawa yang berdiri pada tahun 1922. Pada tahun itu, Sujatin masih bersekolah di MULO atau sekolah menengah pertama di era Belanda. ”Lima belas tahun, aku mulai aktif di kegiatan luar sekolah, meniru Ayah yang gemar berorganisasi,” katanya.

Sujatin memilih berorganisasi secara sadar dan pilihannya itupun mewarnai sepanjang perjalanan hidupnya. Ia tak hanya berjuang untuk kemerdekaan perempuan, namun juga kemerdekaan bangsanya. Karena keaktifannya membela hak-hak perempuan, Sujatin pun dipilih memimpin majalah terbitan Jong java, dengan nama penaa Bunga Gerbera. Kerap kali ia menulis tentang pentingnya pendidikan dalam mengubah nasib bangsa jajahan.

Tak heran bila Sujatin kerap menulis soal pendidikan, karena pendidikan adalah dunianya. Sujatin sendiri setelah lulus dari MULO dan sekolah guru. Ia memilih mengajar di sebuah sekolah swasta karena ia tidak mau bekerja untuk pemerintah Belanda (kala itu Gubernemen). Sang ayah, Joyojadirono, adalah sosok penting yang banyak memberi inspirasi bagi Sujatin untuk memilih jalan hidupnya sendiri untuk berorganisasi. Hubungan ayah dan anak ini terbilang istimewa. Karena mengharap hadirnya bayi lelaki, sang ayah hanya menatap bayi mungilnya dengan dingin. Kasihan bayi mungil yang lahir pada 7 Mei 1907, di Desa Kalimenur, wates Yogyakarta itu. Namun, kecerdasan dan kepandaian Sujatin merebut kasih sayang sang ayah. Iapun menjadi anak kesayangan dari Pak Joyo.

Saking sayangnya dengan Sujatin, Pak Joyo memberikan ranjang khusus di kamarnya. Pak Joyo adalah seorang Kepala Stasiun Kereta Sumpiuh yang percaya putrinya itu sanggup menuliskan saran perbaikan kepada Pusat Jawatan Kereta Api.

Dan berkat posisi sang ayah, Sujatin bisa bersekolah di sekolah dasar Hollands Indlandsche School (HIS). Setelah sudah bisa baca tulis, Sujatin sangat hobi baca. Bahkan sering ia memanjat pohon setinggi mungkin, lalu membaca atau mendekam di kolong tempat tidur hanya untuk membaca dengan menggunakan penerangan lampu minyak. Ia sangat gemar membaca karya-karya dongeng Hans Christian Andersen, kisah petualangan Karl May dan kumpulan surat Kartini. Tulisan Kartini merubah jalan pemikiran Sujatin sedemikian hebat.  ”Aneh, aku seolah melihat potret diri sendiri,” katanya.

Kartini dengan tulisannya telah sanggup memberi inspirasi bagi Sujatin, keteguhannya untuk memperjuangkan hak perempuan semakin hebat. Ia pun bertekad bulat bahwa kaumnya harus setara dengan kaum lelaki. Cerita hidup Sujatin akan kita lanjutkan setelah satu lagu cantik berikut ini, masih bersama saya, Dias, di Perempuan Pelita, marsinah 106 fm.

Bagi sujatin jalan pertama untuk merubah nasib perempuan Indonesia dalah dengan melepaskan diri dari penjajahan Belanda. Dengan bergabung ke Jong Java, Sujatin menebarkan gagasan persatuan yang bukan perkara mudah di masa itu. Mereka yang sudah dalam posisi nyaman karena sanggup mengenyam pendidikan Belanda, takut tergeser dari posisinya bila menentang penjajah.

Namun, Sujatin tidak gentar. Ia terus gigih memperjuangkan persatuan rakyat. Di luar jam mengajar, ia sangat rajin berkunjung ke sekolah-sekolah lain untuk meyakinkan gagasannya. Ia mengajak para siswa untuk bergabung dalam perhimpunannya. Ia tak gentar berhadapan dengan direktur sekolah yang tentu saja adalah orang Belanda. Upaya Sujatin pada akhirnya mendatangkan simpati atas dirinya dan akibatnya anggota perhimpunan pun bertambah.

Saat Kongres Pemuda Pertama berlangsung di Jakarta pada 1926, yang dihadiri oleh Jong Java, Sujatin baru saja lulus dari Sekolah Guru. Bersamaan dengan itu, ia bersama beberapa rekannya mendirikan organsiasi perempuan bernama Poetri Indonesia, yaitu sebuah organisasi khusus guru perempuan. Dua tahun kemudian, ia menggagas berlangsungnya Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 yang kemudian dijadikan sebagai HARI IBU. Hari dimana seluruh perempuan berkumpul membahas kemerdekaan bangsa dan perempuan. “Orang perempuan saja kok mengadakan kongres, yang hendak dirembug itu apa” celetuk salah satu orang ketika kongres perempuan hendak dilangsungkan.

Komentar sinis demikian bukan hal baru bagi Sujatin atau perempuan lainnya, dan tak bisa mencegah mereka untuk terus melanjutkan cintanya. Kongres itu berlangsung dengan sukses. Sujatin yang hadir dalam kongres tersebut, mewakili Putri Indonesia dimana ia juga menjadi ketua pelaksana kongres. Dalam kongres ini terdapat 3 poin penting yang dirumuskan, yaitu Membangkitkan rasa nasionalisme, Menyatukan gerakan perkumpulan perempuan dan membentuk Perserikatan Perkumpulan perempuan Indonesia. Dalam sebuah biografinya, Sujatin berujar, ide pertemuan ini telah mendapatkan persetujuan dari suami istri Ki dan Nyi Hajar Dewantoro, Dr. Soekiman, Nyonya Soekonto dari kelompok Wanito Tomo.

Semangat menyatukan organisasi pemuda dan gagasan politik satu Indonesia sangat memikat hati Sujatin. Walah tak bisa hadir di Kongres Pemuda II di Jakarta dua tahun kemudian, ia tetap terpikat dengan butir-butir sumpah pemuda yang diketahuinya melalui surat menyurat. Dari situlah Sujatin bertekad membuat pertemuan serupa, yakni Kongres Perempuan Indonesia.

Kongres Perempuan Indonesia, bukan tanpa ancaman dari pihak aparat kepolisian Belanda. Untuk menghindarai mara bahaya, Sujatin beserta rekan-rekan perempuan lainnya mengakali polisi agar tidak mengendus pertempuan berbau politik, yakni dengan mengutarakan bahwa Kongres Perempuan Indonesia adalah pertemuan non politis. Kepada Pemerintah Belanda, Sujatin menyampaikan bahwa Kongres ini hanya membahas posisi perempuan dalam perkawinan dan pendidikan. Hanya saja, sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda, kongres ini menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Seusai pembacaan keputusan, kongres pun ditutup dengan agenda utama pengibaran Merah Putih yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya.

Luar biasa ya sahabat marsinah, kongres perempuan Indonesia bisa berlangsung dan membahas hal-hal strategis. Kongres ini menunjukkan bahwa perempuan Indonesia tidak bodoh dan bisa berpikir maju ke depan. Lalu bagaimanakah kisah selanjutnya? Jangan beranjak dari tempat duduk anda ya, kita ikuti lagi setelah satu lagu manis berikut in (lagu dan iklan)

Kongres Perempuan Indonesia tidak hanya berlangsung sekali. Kaum perempuan ini kembali berkumpul setahun kemudian. Kali ini tempat pertemuan bukan lagi di Jogjakarta, namun di Gedung Thamrin, jakarta. Acara ini bertepatan dengan masa berduka karena Soekarno dibuang. Namun, penangkapan Soekarno justru mengobarkan semangat kaum perempuan yang sedang berkongres ini. Teriakan “Merdeka Sekarang” menggema di seluruh ruangan. Akibat teriakan tersebut, hampir saja polisi membubarkan acara, namun dengan sigap Sujatin mengambil alih pimpinan dan menutup sidang.

Sujatin memilih berada di bagian terdepan perjuangan hak perempuan. dalam bukunya, Perkembangan Gerakan Wanita Indonesia, terbitan Yayasan Idayu pada tahun 1977, Sujatin menyampaikan, sejak Kongres Perempuan Indonesia, banyak organisasi perempuan mencurahkan perhatian pada masalah perkawinan. Sujatin sendiri berperan dalam pembentukan P4A yakni Perkumpulan Pembasmian Perdagangan Perempuan dan Anak-anak pada 1930.

Kongres Perempuan selanjutnya tak bisa lepas dari isu politik. Pada tahun 1935, ketika berlangsung Kongres Perempuan  lagi, salah satu rekomendasinya adalah ”Perempuan Indonesia berkewajiban berusaha supaya generasi baru sadar akan kewajiban kebangsaan.” Pada 1941, rekomendasi politiknya lebih tegas lagi: menyetujui aksi Gabungan Politik Indonesia yang mengajukan ”Indonesia Berparlemen” demi memperjuangkan Indonesia merdeka.

Saat Jepang berkuasa menggantikan Belanda, Sujatin mengerahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk mengajar selain mengurus keluarga. Dari pernikahannya dengan Poediarso Kartowijono, pada 1932 ia memiliki 3 anak lelaki dan 3 anak perempuan. Sesekali, Sujatin belajar bahasa Jepang karena diminta oleh pemerintah supaya menjadi penerjemah pejabat Jepang ketika berkunjung ke beberapa daerah.

Bagi Sujatin, sosok Poediarso, suaminya adalah lelaki yang mengerti akan perjuangannya. Sebelum menikah, Sujatin dua kali gagal melanjutkan pertunangannya ke jenjang pernikahan karena kedua tunangannya tersebut tak kuasa dengan tekad Sujatin mengutamakan perjuangan sehingga selalu sibuk dengan aktifitasnya. Pernah suatu kali, kekasihnya itu menyusulnya ke Kongres dan meminta Sujatin untuk tidak hadir di Kongres Perempuan. Namun, Sujatin menolak permintaan sang kekasih dan menjawab ”Aku tak ada pilihan lain, aku tak bisa mengecewakan peserta kongres,”

Keputusan Sujatin meninggalkan tunangan-tunangannya kala itu membuatnya dijuluki sebagai “tukang bikin patah hati lelaki”. Padahal kedua tunangannya itu masing-masing bermasa depan cerah, yakni calon sarjana hukum dari jakarta dan calon sarjana tekhnik dari Bandung. Namun, sosok Poediarso berbeda. Ia bukan sarjana, bukan pula orang dengan pendapatan pasti karena tak mau diupah Belanda. Ia juga adalah murid kursus politik Soekarno. Namun, Poediarso memahami kesibukan Sujatin dan akhirnya merekapun menikah dengan 6 anak, 3 lelaki dan 3 perempuan.

Dengan Poediarso, Sujatin jarang sekali bertengkar dan dikenal hidup rukun. ”Saya selalu memperhatikan rumah tangga di tengah kesibukan organisasi, maka rumah tangga saya kekal,” ujar Sujatin

Setelah kemerdekaan Indonesia, Sujatin terus aktid berorganisasi. Ia turut mendirikan Perwari (Persatuan Wanita Republik Indonesia) dan terpilih sebagai Ketua Badan Federasi Kongres Wanita Indonesia. Selain itu, ia menjabat Kepala Urusan Wanita pada Jawatan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ia juga dikenal rajin keliling daerah, termasuk ke hulu Barito di Kalimantan Selatan. Selain itu, Ia juga kerap melakukan perjalanan ke luar negeri.

Pada tahun 1960, Sujatin melepas semua jabatannya di organisasi namun tetap aktif menjadi penasehat PERWARI dan tetap kritis. Saat Soekarno melakukan poligami, ia mundur dari jabatan di kementerian. Ia getol mengkritik pilihan Soekarno untuk berpoligami.

Di usia senja, setelah 41 tahun menderita penyakit diabetes, pada 1 Desember 1983, Sujatin akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Perjuangan Sujatin tak lekang oleh waktu, ia dikenang lewat biografinya. Kongres Perempuan yang ia galang, hingga kini diperingati sebagai hari Ibu. Sayang, hari itu bergeser maknanya hanya sebatas ibu dalam peran domestik. Padahal hari Kongres Perempuan tersebut adalah hari bersejarah, hari kebangkitan kaum perempuan Indonesia untuk kemerdekaan bangsa dan perempuan. Seusai lagu berikut, saya Memey akan kembali dengan pembacaan Pidato Pembuka Kongres Perempuan Indonesia, tetap di marsinah 106 fm, di rubrik Perempuan Pelita. (iklan dan lagu)

Pidato Pembukaan Kongres Perempuan Ini dibacakan oleh Ketua Kongres, R.A, Soekonto

“Sebelum membuka kongres ini kami hendak menerangkan dengan ringkas tujuan kongres ini.

Mula-mula, di Perkumpulan Wanita Utomo, ada usul dari berbagai perkumpulan yang mengajak kerja sama. Akan tetapi, karena banyak kesibukan usulan itu tidak dapat terlaksana. Selanjutnya, suatu saat ada pertanyaand ari perkumpulan pergerakan kaum perempuan, apakah perkumpulan kita dapat mengirim utusan ke Honolulu, yaitu Kongres Pasifik. Hal itu tidak dapat dilakukan karena berbagai alasan.

Akhirnya kami bertiga, yaitu Nyi Ajar Dewantoro, Sujatin, dan saya sendiri berpikir kalau begitu kaum perempuan Indonesia masih kurang pintar dan ketinggalan dalam hal apapun. Kami merasa bahwa kaum perempuan Indonesia sangat tertinggal dibanding kaum perempuan di negara dan bangsa lain.

Betul bahwa di Indonesia sudah banyak perkumpulan perempuan, tetapi bagaimana kita dapat membicarakan nasib kaum perempuan jika perkumpulan perkumpulan itu tidak pernah berhubungan. Oleh karena itu kami bertiga mencari upaya supaya kita dapat berkumpul. Kami bertiga berpikir untuk menyelenggarakan kongres. Akan tetapi sudah tentu kongres tidak akan ebrjalan kalau diselenggarakan oleh kami bertiga saja. Oleh karena itu kami bertiga waktu itu dibantu oleh saudara sunaryati sebaga juru tulis. Kami berempat memohon kedatangan kaum putri di Yogya, baik dari anggota perkumpulan maupun bukan.

Setelah menjelaskan maksud kami, kaum putri yang tersebut di atas etuju akan menyelenggarakan kongres ini dan tuan putri dengan suka rela membantu. Oleh karena itu, dalam satu minggu telah berdiri komite kongres ini dan kongres ini dberi nama “Kongres Perempuan Indonesia”. Tuan putri dari perkumpulan mana saja akan dijelaskan oleh saudara Sukaptinah.

Selain itu, tidak mengherankan bahwa berdirinya komite kongres ini mendapat rintangan yang bersifat kritik. Kritik ini keluar dari pihak kaum kuno (kolot) yang masih cinta pada keadaan yang lama. pendeknya, yang masih suka dengan adat istiadat zaman yang saya tidak ketahui lagi. Akan tetapi, kritik semacam itu tidak kami pedulikan sebab sudah menjadi kebiasaan, hukum alam, jika ada yang berniat baik pastilah ada yang berusaha menggagalkan niat baik tersebut. Demikian pula yang terjadi dengan terbentuknya Kongres Perempuan Indonesia. Walaupun sudah jelas kepentingannya, kaum kolot masih merendahkan kaum perempuan saja.

Kritik mereka, “Kaum perempuan tidak perlu berkongres-kongres,” “Kaum perempuan di dapur tempatnya”, “Kaum perempuan tidak perlu memikirkan kehidupan, sebab itu kewajiban kaum laki-laki”

Ada lagi yang mengatakan “Kaum perempuan Indonesia belum matang, belum bisa bermufakat tetnang perkumpulan, demikianlah kata kaum pengganggu. Akan tetapi, orang yang ingin mencapai tujuannya harus berani melawan kritik melalui pembicaraan dan dengan sekuat tenaga yaitu bekerja dengan setulus hati. Dewasa ini telah terlihatlah kepentingannya pergerakan kaum perempuan. Zaman kaum perempuan dianggap hanya baik untuk tinggal di dapur saja itu zaman kuno. Zaman sekarang adalah zaman kemajuan. Oleh karena itu, zaman ini sudah waktunya mengangkat derajat kaum perempuan agar kita tidak terpaksa duduk di dapur saja.

Sudah pasti perkataan saya ini tidak bermaksud melepaskanperempuan Indonesia dari dapur. Kecuali harus menjadi nomor satu di dapur, kita juga harus turut memikirkan pandangan kaum laki-laki sebab sudah menjadi keyakinan kita bahwa laki-laki dan perempuan mesti berjalan bersama –sama dalam kehidupan umum. Artinya, perempuan tidak menjadi laki-laki, perempuan tetap perempuan, tetapi derajatnya harus sama dengan laki-laki. Jangan sampai direndahkan seperti jaman dulu.

Demikianlah tujuan kami. Selain itu, masih banyaklah kebutuhan perempuan Indonesia yang pelru diperbaiki. Oleh karena itu, terlihatlah betapa pentingnya mengumpulkan perhimpunan perempuan dari seluruh Indonesia untuk membicarakan kebutuhan yang telah disebut tadi.

Kebutuhan ini tidak perlu disebutkan lagi sebab nanti akan dibicarakan oleh utusan-utusan dari perhimpunan perempuan yang hadir dalam kongres ini.

Sebagai penutup kami hendak menyampaikan hormat dan terimakasih dari komite pusat, pertama-tama kepada RT Djojodipoero yang sudah termasyur kemurahan hatinya terhadap semua perhimpunan kebangsaan kita dan yang telah menyerdiakan tempat untuk kongres kita; yang kedua kami dan perkumpulan-perkumpulan yang telah memberikan sumbangan dana maupun perlatan dan tenaga dan memberi tempat penginapan bagi tamu untuk keperluan kongres ini.

Lain tidak saya berharap dan memohon agar kongres ini akan berjalan lancar dan membawa hasil bagi kita, perempuan Indonesia.

Dengan ini kongres perempuan Indonesia yang pertama saya buka.

Ya sahabat marsinah, itu tadi pembacaan pidato pembukaan Kongres Perempuan Indonesia 22 Desember 1928 oleh Ny Soekonto, Ketua Panitia Kongres. Dari semangat kebangkitan perempuan ini, semoga menginspirasi kita untuk kembali menyuarakan hak perempuan agar setara dan sejahtera. Saya, Memey, beserta kerabat kerja marsinah FM kembali mengucapkan selamat hari ibu, hari kebangkitan perempuan Indonesia, selamat natal dan tahun baru 2014. Sampai jumpa kamis depan, salam setara…

Sumber tulisan:

Tinjauan ulang Kongres Perempuan Indonesia, Susan Blackburn

Terinspirasi Kartini, http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://politik2.blogspot.com/2008/10/terinspirasi-kartini.html

Tinggalkan komentar